Generasi Komputer

Postingan kali ni akan membahas seputar generasi komputer. Kan ga mungkin komputer secara ujug-ujug ada begitu aja. Oke, nih :
–     First Generation (1945-1956), tujuan computer masih spesifik. Jadi di buat hanya untuk mengerjakan satu perintah. Belum ada sistem operasi. Untuk tiap-tiap komputer berbeda bahasa pemrogramannya. Kecepatannya masih terbatas. Menggunakan vacuum tubes. Media penyimpanan berupa magnetic drums.


–     Second Generarion (1956-1965), sudah mulai menyebar ke sekolah-sekolah, instansi pemerintahan. Sudah bisa pakai printer.Sudah memakai sistem operasi. Sudah menggunakan transistor, jadi dari segi ukuran sudah lebih kecil dari generasi pertama.

–     Third Generation (1965-1971), sudah menggunakan IC (batu tahan panas & keras). Sudah menggunakan chip, jadi lebih kecil lagi bentuknya dari generasi kedua. Program sudah bisa parallel karena sudah menggunakan sistem operasi.

–     Fourth Generation (1971-Present), di mulai saat IBM membuat PC. Komputer sudah merakyat. Perkembangannya dapat dilihat, coba lihat komputer di rumah anda.. :p

–     Fifth Generation , sebenarnya ini belum ada. Masih controversial istilahnya. Digambarkannya berupa robot yang bisa berfikir.  Seperti layaknya manusia .. nah lho ??  hati-hati dijajah nanti kaya film terminator 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top