Ada Apa Dengan Mu ?

Saya akan menceritakan sebuah kejadian luar biasa, ini hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu yang akan saya sebutkan spesifikasinya :

  1. penguna leptop ASUS A43S Core i3
  2. pengguna wireless adapter Ralink RT73 Wireless LAN
  3. pengguna sistem operasi Windows 7 Ultimate – 64 bit

Memang sebenernya ada apa? Oke, kita mulai dari sini.

Sejarah

Di bulan sya’ban, leptop ASUS yang bersistem operasi Windows 7 Ultimate – 64 bit ingin terkoneksi dengan internet RT/RW net  menggunakan wireless adapter Ralink RT73 Wireless LAN. Tapi kok gak bisa ya. Adapter selalu tidak terdeteksi. Kalaupun terdeteksi, driver selalu tidak terinstall dengan benar. Bahkan sudah mencoba untuk mengupdate driver langsung dari internet dengan menggunakan koneksi modem. Tetep aja ni wireless gak mau kedetek di leptop. Secara otomatis selalu meminta update-an driver terbaru. haaaah, apa boleh buat, ternyata memang leptop ASUS yang bersistem operasi Windows 7 Ultimate – 64 bit ini tidak akur dengan wireless Ralink RT73 Wireless LAN. Sip, saya diamkan saja. Hubungan mereka benar-benar putus.

Ide Gila

Terbayang sebuah USB Extension yang terletak di bawah meja TV. Tapi maksudnya apa ? Oh ternyata jam tangan menunjukkan pukul 9.41 AM, saya harus pergi. Akhirnya USB Extension yang terbayang tadi berlalu begitu saja dari pikiran saya.

Hmm, Cuaca siang Bulan Romadhon di Kota Depok memang panas. Terlebih lagi di jalan raya  yang penuh debu dan polusi plus panas siang hari yang menyengat. Sampai di rumah, saya coba rebahkan diri di kasur karena terlalu lelah sampai-sampai ketiduran. Ku tengok jam tangan, menunjukkan pukul 5.20 PM. Oh, ternyata 20 menit lamanya saya tertidur dan bermimpi. Segera saya coba bangunkan badan, dan kembali terbayang USB Extension di kepala. Karena tidak mau penasaran, saya coba cari USB Extension tersebut, alhadulillah, ketemu!!!

Miracle

Leptop ASUS A43S dengan sistem operasi Windows 7 Ultimate – 64 bit menyala. Ralink RT73 Wireless LAN siap dicolokkan ke leptop. Eits! Tapi nanti dulu, USB Extension yang sudah ketemu tadi terlebih dahulu dicolokkan ke leptop. Setelah USB Extension tersebut terdetek di leptop, baru dicoba untuk menyolokkan Ralink RT73 Wireless LAN ke salah satu dari empat colokan di USB Extension tersebut. Sekarang bisa disebut bahwa USB Extension ini adalah sebuah katalisator/penghubung diantar kubu yang gak mau menyatu. Dan hasilnya, saya bisa menulis note ini dari leptop ASUS A43S bersisitem operasi Windows 7 Ultimate – 64 bit.

Kesimpulan

  1. Secara ilmiah, saya belum bisa menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. Yang jelas pasti ada teori dibalik praktek ini atau dari praktek ini akan muncul sebuah teori. Begitulah dalam kehidupan, ada masanya teori/pemahaman akan kita dapat setelah kita praktek. Atau mungkin sebaliknya. Kita mantap dalam teori dan mempraktekkan hal yang benar.
  2. Secara logika kehidupan, ketika ada problem antara dua orang, maka dibutuhkan orang ketiga sebagai jembatan penghubung/pelerai/peng-adem suasana. Itu yang saya pikirkan.
  3. Secara kimiawi, USB Extension ini berperan sebagai katalis. Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri. Suatu katalis berperan dalam reaksi tapi bukan sebagai pereaksi ataupun produk (id.wikipedia.org). Itulah yang terjadi pada USB Extension.
  4. Secara islami, Alloh SWT berfirman :
    Dan demikianlah , telah Kami jadikan kamu suatu ummat yang di tengah, supaya kamu menjadi saksi-saksi atas manusia, dan adalah Rasul menjadi saksi(pula) atas kamu … (Al-Baqoroh : 143)
    Semangat ayat diatas menghendaki ummat islam untuk menjadi pioner , pelaku, penopang, penggerak peradaban, ilmu pengetahuan, budaya, akhlak, moral penegak hukum, penentang kedzaliman, dan pembela kebenaran. Dengan berdiri sebagai pelopor peradaban manusia, ummat Islam akan menjadi sure teladan bagi ummat agama lain. Hal ini bisa terjadi kalau ummat islam mengambil nafas ayat diatas (Alhafiz Kuniawan, Kang Said : Ummat Islam Harus Jadi Pioner.pdf).

Ya, ayo berperilaku seperti USB Extension. Dapat mengakomodir banyak kepentingan. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top