Instalasi Error Pada Oracle 11g Express Edition

Oracle adalah sebuah aplikasi database. Difungsikan untuk menyimpan informasi dalam komputer untuk kemudian dapat dilihat kesimpulan yang didapat seperti apa dari informasi yang dikumpulkan tersebut. Saat ini Oracle telah merilis versi 11g. Saya masih belum tau apa perbedaan dengan versi sebelumnya, yaitu 10g. Perbedaan yang baru terlihat oleh saya adalah dari segi tampilan.

Disini saya mau mencoba untuk membagi sesuatu, tentang Error yang terjadi saat kita sedang menginstal Oracle 11g Express Edition. Spesifikasi komputer yang saya gunakan adalah, Windows 7 64-bit, ASUS A43S. Dipertengahan instalasi, muncul gambar seperti :

Dari gambar diatas, terlihat seperti ada file yang hilang saat kita sedang menginstall. Dan bayangannya, pasti bakalan berabe nih kalo ada file yang tidak terinstall. Padahal sebenernya file tersebut tidak hilang. Ada beberapa langkah untuk mengatasi problem ini. Berikut akan saya uraikan :

  1. Saat terjadi Error seperti gambar diatas, langsung buka Registry dengan cara Klik start –> ketik regedit –> press Enter
  2. expand HKEY_CLASSES_ROOT/Installer/Products/266B7A503A089BE4EAD1986A429434C1/SourceList/Media
  3. akan mucul gambar seperti : 
  4. lalu Klik kanan –> Modify
  5. ubah Value Data menjadi seperti yang ada di pesan Error pertama


  6. Klik OK baik di Registry Editor maupun di pesan Error yang muncul
  7. dan proses instalasi pun dapat dilanjutkan.

Oke, masalah pun teratasi. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top