Merenung Sejenak

imageAkhir-akhir ini aku disibukkan dengan Tugas Akhir. Kalau dari topik yang dibahas, yaitu Multicast Routing, mungkin tidaklah terlalu sulit. Pun pada saat pengimplementasiannya menggunakan perangkat Router yang nyata.

Namun kenyataan yang aku dapatkan adalah sulitnya pengimplementasian pada perangkat Router nyata. Tapi ketika berhasil, ada saja kendala teknisĀ yang dihadapi. Karena kendala teknis itu, maka TA ku mundur berbulan-bulan. Segala macam referensi ku cari di google, namun hasilnya nihil.

Kendala teknis yang ku hadapi memang tidak terlalu besar. Namun jika solusinya tidak ditemukan itu akan menjadi kendala yang besar. Waktu ku habis dibuatnya.

Beberapa diantara kendala-kendala itu adalah gagalnya setting OSPF sebagai model komunikasi unicast pada Router yang aku gunakan. Segala maca prosedur sudah ku ikuti, namun hasil tetap sama, paket data tidak mau terkirim dari server ke client melewati Router-Router yang saling terhubung. Ternyata setelah hampir 3 minggu,aku baru menemukan jawaban simple dari kendala teknis yang kuhadapi ini. Jawabannya adalah aku tidak meremove configuration setting bawaan Router mikrotik yang aku gunakan. Hal itu menyebabkan port-port ethernet bekerja sebagaimana settingan yang biasa warnet-warnet gunakan. Alhasil, kendala pertama selesai hanya dengan solusi simple.

Setelah protocol Routing OSPF berjalan, aku mencoba streaming menggunakan komunikasi data unicast. Aplikasi yang ku gunakan adalah VLC. Namun yang terjadi video streaming yang dijalankan server tidak mau terbaca oleh client yang mengaksesnya. Aku pusing bukan kepalang. Hampir selama 2 atau 3 minggu aku mencari solusinya di google. Tapi tetap saja tisak membuahkan hasil. Sampai suatu saat aku menemukan titik masalahnya,yaitu IP Address yang aku masukkan di server adalah IP Address server itu sendiri. Padagal instruksi VLC adalah masukkan IP Address client. Lagi-lagi kendala simple yang solusinya pun simple. Tapi menjadi besar karena ketidaktahuan ku.

Kendala berikutnya setelah aku berhasil mengkonfigurasi OSPF di Router yang aku gunakan, aku tidak menemukan pilihan protokol Routing Multicast (PIM) pada sistem operasi Router. Aku membatin “waduh perangkatnya tidak support”. Kalau beli perangkat baru sangat mahal sekali. Perlu diketahui, aku menggunakan 7 Router MikroTik. Ketujuh Router itu terbagi menjadi ; 3 buah RB1100A2HX, 3 buah RB800, 1 buah RB450G. Harga yang paling kecil seperti RB450G yang bekas bisa mencapai 800-an. Apalagi RB1100A2HX yamg menjadi core router. Akhirnya aku mencari solusinya ke google.

Solusi ku dapatkan. Ternyata aku harus mengupgrade RouterOS tiap perangkat Router. Alhamdulillah, ada kemudahan. Solusi ini berhasil dan ampuh. Namun aku membayarnya dengan waktu yang terbuang (tidak sia-sia) selama semingguan lebih hanya untuk mencari solusi kendala ketiga ini.

Setelah Routing OSPF berjalan. Streaming menggunakan OSPF berhasil. Adanya menu multicast PIM pada RouterOS. Kendala lain muncul, yaitu aku tisak bisa mngoperasikan setting PIM pada Router MikroTik. lagi-lagi aku mencari di google bahkan sampai ke youtube. Namun sama saja, aku tidak menemukan jawaban yang berarti. Sampai aku juga coba mencari ke laboratorium-laboratorium di fakultas lain dan akhirnya aku menemukan jawabannya.

Ada salah seorang laboran yang ternyata aku kenal. Dia pernah aktif di kepanitiaan beraama ku di tahun 2012. Dan memang mungkin sudah Allah takdirkan dia bisa mengajariku cara setting multicast PIM di Router MikroTik. Hasilnya ku uji dengan stream video dengan protocol Multcast PIM. Dan berhasil. Waktu yang kubayar adalah sekitar 2 mingu untuk menyelesaikan kendala ini.

Kalau coba ku renungi,banyak sekali kendala yang kidapatkan dalam mengerjakan TA. Tapi kalau dirasa-rasa, kesemuanya dalah kendala kecil yang membutuhkan solusi simple. Namun karena ketidaktahuan ku, itu menjadi sebuah kendala yang besar. Bahkan aku sampai tidak jabis pikir, google pun tidak bisa memberikan jawaban atas kendala yang ku hadapi. Aku kembali berfikir mencoba untuk merenungi. Ada benarnya apa yang ibubku katakan. Kalau sedang kesulitan, mintalah jawabannya keoada Allah. Cobalah sambil menangis dan merengek ketika minta ke Allah. Karena Allah suka melihat hambanya yang berdoa, apalagi sambil merengek.

Namun itu belum ku lakukan. Sulit sekali rasanya. Apakah hati ku terlalu keras??????

Masih ada sedikit lagi tantangan dalam pengerjaan TA ini. Yaitu analisa QoS pada video streaming. Dan juga segudang teori streamig yang harus aku kuasai.

Jalan masih teramat jauh, mustahil berlabuh bila dayung tak terkayuh, maaf cintaku, aku nasehati kamu.

Nb : aku akan mencoba menuliskan hasil uji coba multicast di web ini. Tetapi nanti setelah aku selesai dengan TA ku. Dengan harapan memudahkan orang-orang yang mencari solusi dari kendala implementasi Multicast PIM pada Router MikroTik.

9 Responses

      1. Maaf mbak. Saya dari kemarin sibuk ngerjain Tugas Akhir kuliah. Maaf atas keterlambatannya..

        Sudah saya kirim ke email mbak. Silakan di cek dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

        Kalau ada yg mau ditanyakan lebih detai, bisa kontak lewat email.

        Tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top