Multicast (PIM-SM) Pada MikroTik

tampilan pc serverAkhirnya saya bisa menuliskan apa yang pernah saya janjikan sebelumnya. Bermula dari sulitnya saya mencari referensi di internet ataupun di youtube terkait konfigurasi multicast pada mikrotik. Kalaupun ada, referensi tersebut berbahasa inggris dan kurang begitu praktis. Karenanya saya mencoba untuk membantu kamu yang membutuhkan referensi konfigurasi multicast pada mikrotik.

Multicast adalah suatu transmisi data dari satu user ke banyak user yang tergabung dalam grup-grup. Pengalamatan multicast pada samudera IP Address di tungkan dalam IP Address kelas D. Tiap grup multicast berarti memiliki satu IP Address multicast. Bisa dilihat pada ilustrasi gambar di bawah ini :

multicastIlustrasi Multicast
(Paket dikirim dari Sumber menuju Grup Tujuan yang direpresentasikan dengan IP Address Multicast)

Adapun yang saya coba praktekan di laboratorium adalah impelementasi Multicast Video Streaming menggunakan Protocol Independent Multicast-Sparse Mode (PIM-SM). Selain menggunakan perangkat jaringan serta end-to-end user, implementasi ini melibatkan aplikasi VLC sebagai broadcast and streaming application.

Yang saya ketahui, mikrotik secara software support PIM-SM. Kemudian dari percobaan yang telah saya lakukan, protocol PIM-SM tidak bisa meroute sendiri datagram yang dikirimkan dari server ke client. Sehingga saya menambahkan protocol routing dynamic OSPF sebagai dasar routing datagram. Alur pembangunan koneksi Multicast Video Streaming dapat dilihat di bawah ini :

ilus pembangunan jaringanProses pembangunan koneksi jaringan pada server, client, dan router MikroTik

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan menyertakan pembahasan mengenai setting IP Address tiap Port MikroTik dan Server/Client, setting Protocol OSPF pada tiap MikroTik. Saya akan berfokus kepada tahap 3 dan tahap 4 yaitu setting PIM-SM di MikroTik dan menyetream video pada server dan client. Berarti saya menganggap bahwa percobaan kita kali ini sudah tidak ada masalah dengan pengalamatan IP serta routing OSPF.

modelTopologi yang dibangun
(Server bertindak sebagai stream-er dan PC1, PC2, PC3, PC4, PC5, PC6 bertindak sebagai Client yang tergabung dalam grup multicast dengan IP Multicast 230.0.0.2)

***

Berikut ini implementasi PIM-SM pada tiap MikroTik.

1. Pada “Routing”, pilih PIM serta centang IGMP dan PIM. Setelah itu maka akan muncul jendela seperti di bawah ini. Kemudian Klik “+” dan pilih “All”. ┬áIni mengartikan bahwa semua interface yang berada pada MikroTik akan terlibat dalam koneksi multicast.

aktifasi igmp dan pim

2. Atur Randezvous Point (RP) pada MikroTik. RP berfungsi sebagai gerbang yang memfilter alamat grup multicast yang mendapatkan datagram dari server. RP juga berfungsi sebagai pusat informasi client yang bergabung ke grup multicast untuk meminta datagram dari server.

Selain mengatur RP, atur juga IP Multicast yang akan digunakan. Sebagai contoh saya menggunakan IP Multicast 230.0.0.0/24. Hal ini mengartikan bahwa saya bisa mengubah desimal terakhir. Dalam hal ini nilai “x” yang bisa diubah (230.0.0.x).

rp

Cukup dua langkah diatas untuk mengaktifkan PIM-SM pada MikroTik. Lakukan dua langkah diatas kepada setiap MikroTik yang digunakan.

***

Berikut ini cara streaming video pada jaringan multicast menggunakan VLC Player.

Spesifikasi streaming yang saya gunakan adalah sebagai berikut :

  1. IP Multicast adalah 230.0.0.2
  2. Port multicast adalah 5010
  3. Video yang distream adalah 4K
  4. Enkapsulasi MP4/MOV
  5. Video Codec H-264, bitrate 800 kb/s
  6. Audio Codec MPEG 4 Audio (AAC), bitrate 128 kb/s
  7. Time-To-Live (TTL) 128

Untuk dokumen streaming menggunakan VLC saya sertakan pada link ini. Karena terlalu panjang dan terlalu lama jika disalin di sini. Silakan gunakan untuk keperluan kamu. Dan sebagai informasi, lampiran ini adalah lampiran dari Tugas Akhir kuliah saya.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses !

 

6 Responses

  1. Maaf Mas mau tanya-tanya konfigurasi pim boleh tidak ? kalau boleh gimana caranya untuk menghubungi Mas ? terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top