Akses Internet dan Intranet Secara Bersamaan

Kejadian ini saya alami saat PC terhubung ke jaringan Intranet (jaringan router juniper & jaringan monitoring server) dan jaringan Internet secara bersamaan. Ada kendala yang saya temukan disini, yaitu ketika saya melakukan koneksi ke Intranet dan Internet secara bersamaan, maka kemungkinan saya tidak bisa mengakses salah satunya. Sebagai contoh, ketika saya mengakses internet, maka saya tidak bisa masuk ke dalam halaman Login server Intranet. Memang ada trik khusus, yaitu saya harus mematikan salah satu koneksi jika saya mau masuk ke koneksi yang lain. Contohnya, saya harus mematikan koneksi internet agar saya bisa masuk ke halaman Login server. Dan ketika saya ingin membuat report, maka koneksikan lagi dengan Internet. Namun, kerja seperti ini tentunya lebih menghabiskan waktu.

Ada satu cara yang bisa dilakukan agar jaringan Internet dan Intranet dapat aktif secara bersamaan. Yaitu dengan melakukan konfigurasi default route untuk alamat IP tertentu yang akan kita akses. Akan diambil sampel kasus dari apa yang saya alami. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Command Prompt run as administrator
  2. Ketik command route print. Akan terlihat bahwa ada satu route yang aktif dengan gateway 192.168.99.1.
    gambar 1
    Pada kolom Destination berisi 0.0.0.0 menandakan “semua tujuan alamat IP yang diakses” dengan Netmask 0.0.0.0 “semua rentang IP Address” akan melewati Gateway 192.168.99.1. Tentunya ketika kita mengakses Intranet, maka akan diteruskan oleh PC ke alamat gateway 192.168.99.1. Yang terjadi adalah akses Intranet akan mengalami kegagalan dikarenakan 192.168.99.1 adalah gateway Internet. Maka selanjutnya kita akan mengatur default route Destination Intranet kepada gateway Intranet. Baca langkah 3.
  3. Kita akan mengatur agar alamat IP dengan NetId 10.0.0.0 bisa mengakses jaringan Intranet dengan gateway 10.17.120.1.
    Ketik command route –p add 10.0.0.0 mask 255.0.0.0 10.17.120.1 metric 1.
    –p adalah command agar pengaturan tersebut tetap berjalan walau PC telah di restart. kemudian ketik lagi route print
    gambar 2
    Disini mulai terlihat, pada baris pertama mengandung arti “semua akses ke Destination alamat IP dengan rentang Netmask seluruh alamat IP, akan diarahkan ke gateway 192.168.99.1”. Kemudian pada baris kedua muncul rule baru, yaitu “semua akses menuju Destination alamat IP dengan NetId 10.0.0.0 serta rentang Netmask 255.0.0.0, akan diarahkan ke gateway 10.17.120.1”.
    Kemudian, pada persistent route akan tercantum hasil konfigurasi dimana hasil tersebut tidak akan hilang jika PC direstart.
  4. Sekarang bisa dicoba untuk mengakses alamat Internet (mis.facebook) dan Intranet (mis.halaman Login server) secara bersamaan. Kerja pun jadi lebih efektif.

Selamat mencoba. Semoga berhasil.

11 Responses

  1. gan mau tanya, saya sudah coba cara di atas dengan keterangan:

    DG Intranet 192.168.1.1 (LAN)
    DG Internet 10.166.140.1 (USB WLAN)

    Namun, ketika saya coba konek ke internet, tetep gak bisa, gimana solusinya?

    Terima Kasih

  2. mas kalo sudah ikut cara diatas terus mau mengembalikan seperti semula (intra dan inter terpisah) bagaimana caranya? makasih

  3. saya coba metode ini, intranet dan internet sama sama menggunakan kabel LAN. ketika saya coba route add berhasil namun interface nya tetap internet (192.168.1.XX) sehingga intranet tidak bisa dibuka. apakah ada solusinya? makasih

  4. Kalau desainnya seperti ini…

    internet – modem – router wifi – client
    I
    router wifi – client

    Saya ingin antar client bisa sharing files, gimana settingannya ya? Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top