Modem BOLT! Rusak : Invalid SIM Card

Pernah suatu ketika kami (saya dan istri) mengalami masalah pada modem Bolt! Yang kami miliki. Saat masuk ke localhost, tertera icon SIM-Card berwarna merah. Saat mencoba untuk Log-In pun dasboard menunjukkan invalid SIM Card. Berarti ada yang gak beres dengan SIM-Card nya. Akhirnya dicobalah SIM-Card yang baru. Namun hasilnya, tetap useless. Pesan invalid SIM Card pun masih muncul. Klimaksnya adalah modem tidak dapat sinyal (sinyal bar berwarna merah) dan tentunya kami tidak bisa internetan menggunakan modem Bolt!.

image

Nah kali ini saya mencoba untuk sharing terkait trik mengatasi invalid SIM Card pada modem Bolt!.

Adakalanya kasus ringan invalid SIM Card dapat diatasi dengan mengganti kartu Bolt! atau mereset modem Bolt!. Tapi ternyata kasus yang saya alami ini tidaklah ringan. Modem Bolt! mengalami kerusakan fisik berupa copotnya salah satu pin SIM Card yang mengakibatkan SIM Card tidak bisa dibaca oleh perangkat modem.

image

Saya menyebutnya pin karena bentuknya kecil dan menonjol. Pada foto diatas, pin adalah yang menonjol kecil pada slot SIM Card. Berwarna keemas-emasan.

Kalau pin tersebut diperbaiki di toko service handphone, biaya jasanya bisa kena 30 ribu. Nah untuk berhemat, saya coba sendiri solder pin tersebut agar menempel lagi di papan pcb nya.

Setelah proses penyolderan berhasil, saya coba lagi modemnya. Modem Bolt! bisa berfungsi dengan baik seperti sedia kala. Sinyal bar pun tidak berwarna merah lagi. Yup berhasil !!! Tulisan ini pun dipost menggunakan jaringan dari modem Bolt! yang sudah dibenerin. Selamat menyolder ya…

image

27 Responses

    1. Itu pin untuk sim card. Jadi pin nya punya dudukan. ada 6 pin. kalau mau ganti sepaket pin nya, bisa. harganya sekitar 15-30ribu. di tukang reparasi handphone biasanya ada.

    1. kalau tutorial spesifik, rada susah gan. soalnya ane gak bisa nyolder sambil ngasih foto. coba agan buka casing modem bolt nya, nanti agan ngerti gmn arsitektur perangkatnya. kalau misal gak mau ribet, agan bisa ke tukang reparasi hape aja gan 😀

  1. Gan mau nanya, kemaren bolt ane batre nya kembung jadinya harus diganti, nah abis diganti sama batre baru sinyal nya jadi no service. Kenapa ya? Bolt ane yg orion btw.

    1. Sebenernya kalau ganti batere doang, gak ada pengaruhnya ke signal. Kecuali baterenya habis.

      Coba charge dulu baterenya sampe penuh, baru setelah itu modemnya dipakai.

      Kalau cara tsb blm berhasil, lihat indikator warna sim card di homepage bolt nya, kalau warna merah, berarti ada kerusakan pada daerah slot sim card.

  2. bang, boleh minta tolong fotoin dalemannya deket simcard nya situ gak ? bolt ane masalah sama persis kek punya abangnya. matur nuwun

  3. Pantesan karena pinnya tidak bisa terkoneksi satu jadi error.
    Lumayan lah bisa benerin sendiri dengan cara sederhana. Cuma disolder.
    Boleh juga nih tipsnya suatu saat saya mengalami hal serupa.
    Thnks banget sharingnya mas

  4. solusi misal kartu bolt terbaca tapi tidak ada sinyal/no service gimana ya gan? Bolt Mobile Huawei punya ane gaada sinyal padahal kartunya kebaca.

  5. mau tanya foto yg di atas itu yg pinnya udah copot atau belum? kalo saya indikator sinyalnya sama sekali ga muncul 🙁 mohon dibalas ya..

  6. betul gan setelah saya senterin isi dalam nya ternyata pin atas hilang 1. cm serpihannya ane gk tau dimana…. terus parahnya lagi ane tinggal di pedalaman yg gk ada tukang solder tukang reparasi apalagi servis hp. punya saran solusi nya gk gan??

  7. Klo sinyal modem Bolt MF90 nya ga muncul gimana ya? Masih bisa diperbaiki ga???
    Saya udah ke Bolt Center beberapa hari lalu. Kata CS nya kemungkinan waktu pemakaian sambil di cas, dan juga ada sdkt kelembaban / kena air sdkt. Coba ditawarkan upgrade software olehnya, dengan resiko akan mati total. Ternyata stuck “upgrade an” nya ga mau jalan.
    Saya tanya lagi, memang disini (Bolt Center) ga bisa perbaiki hardware nya? Ga bisa, jawabnya lagi.
    Alhasil, negatif semuanya.
    Mohon pencerahannya ya.
    Mksh.

    1. 1. perbaiki versi software nya untuk menguji signal.
      2. setelah modem bisa dinyalakan, coba konekkan leptop ke modem bolt nya.
      3. akses 192.168.1.1 melalui web browser dan lakukan login.
      4. lihat bagian pojok kanan atas, itu ada icon mirip SIM card, warna apa dia?

      kalau icon SIM card nya warna hijau, brrti memang tidak ada antena seluler bolt disitu.
      kalau icon SIM card nya warna merah, segera cek PIN yang menempel di SIM card bagian dalam modem bolt nya. apakah PIN nya ada 6?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top