Nasehat Kelulusan Kuliah

Buat para pelajar, ada suatu hal yang ingin saya bagikan. Ini adalah pesan dari Dosen Pembimbing TA saya sewaktu kuliah. Saat TA akan segera dirampungkan, saya bertemu beliau di Gedung F kampus Telkom. Beliau memberikan saya pesan penting yang harus dimiliki oleh seorang professional saat terjun ke lapangan pekerjaan.

Secara berurutan beliau menyebutkan tiga hal, yaitu : jaringan, integritas, dan kecerdasan/IPK.

Secara sederhana, rata-rata ketika kita baru lulus kuliah, kita nihil pengalaman pekerjaan professional. Saat itulah jaringan/pertemanan/kekerabatan/alumni dibutuhkan. Tak jarang org yg baru lulus namun dapat pekerjaan krn memiliki jaringan yang kuat. Salah satu hikmah dari efek silaturahim juga, rezekinya luas.

Namun jaringan saja tidak cukup untuk melejitkan karir kita sebagai seorang professional. Maka itu dibutuhkan integritas. Hal ini harus dipupuk sejak kita masih berstatus pelajar. Karena integritas yang baik merupakan proses penempaan yang panjang. Integritas lahir dari idealisme. Saya belajar terkait integritas ini dari tiga organisasi yang saya pernah berkecimpung di dalamnya saat kuliah, yaitu : Himpunan Jurusan, KAMMI, dan Mapala di kampus. Integritas sangat berkaitan dengan kejujuran. Karena kejujuran itu barang yang sangat mahal untuk dimiliki seorang professional. Terlebih di lapangan pekerjaan yang sudah tau-sama-tau, ada uang disana. Saat itu lah integritas diuji.

CaptureJujur adalah bagian penting dari integritas

Kemudian terakhir, untuk lebih melejitkan karir sebagai seorang professional adalah kecerdasan/IPK. Beberapa hal yang pernah terjadi berkaitan dengan IPK yaitu, ada yang CV nya ditolak karena dia belom lulus S1. Atau ketika ada rekrutment di perusahaan untuk disekolahkan keluar negeri, dia terpentok karena urusan IPK. Atau ketika ingin mengambil beasiswa pun seperti itu. Maka dari itu, hal ketiga yang harus agak diperhatikan adalah IPK.

Namun setelah saya mengalami proses berpikir yang panjang, ada satu hal sangat penting dan lebih utama dari ketiga hal diatas, yaitu berbakti kepada orang tua.

Berbakti kepada orang tua merupakan hal paling utama. Karena dari situ kita akan mendapatkan ketiga hal diatas yang menunjang kesuksesan karir kita di masa depan. So, berterima kasih lah kepada Ibu-Bapak kita di rumah sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top