Sekelumit Kisah Bekerja di Nokia Networks

Tulisan ini ku buat sengaja, karena sepengetahuan ku setelah mencari di google, sangat jarang sekali ada yang share pengalaman kerja di Nokia Networks, salah satu perusahaan multi-nasional yang bergerak di bidang industri telekomunikasi. Boleh dibilang sharing pengalaman seperti ini sangat berguna sekali khususnya buat para fresh graduate yang sedang mencari-cari pekerjaan.

Jpeg

Nokia Networks (dulunya dikenal dengan Nokia Solutions and Networks atau NSN) adalah salah satu perusahaan vendor telekomunikasi yang menyediakan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi. Disamping Nokia Networks, juga berdiri perusahaan lain seperti ZTE, Huawei, Ericsson, Samsung, dll. Namun aku kali ini akan membahas sekelumit tentang Nokia Networks, tempat dimana aku pertama kali bekerja setelah lulus kuliah.

Suatu keberuntungan bekerja di Nokia Networks padahal status masih fresh grade. Nokia Networks juga merupakan primadona bagi para fresh graduate yang mau belajar banyak dan dibayar banyak pula. Setidaknya yang aku tau, ada dua jalur untuk masuk ke Nokia Networks, pertama jalur test langsung dari HRD, kedua jalur agency (outsource). Kalau disuruh memilih, pastinya mahasiswa baru lulus akan memilih jalur pertama, karena kontrak langsung dengan Nokia Networks dan yang terpenting sih gaji pastinya lebih besar karena tidak ada potongan komisi agency. Namun kali ini aku akan sharing terkait jalur kedua, karena aku lewat situ.

Proses Seleksi

Biasanya agency melakukan seleksi dengan alur Review CV > Wawancara > Negosiasi > Tanda tangan kontrak. Dan biasanya pula, agency mencari engineer yang berpengalaman. Tapi memang rezeki, aku masuk dengan kondisi bener-bener fresh serta dengan wawancara yang sangat singkat. Hanya dua hari saja melalui semua prosesnya. Dari kirim CV sampai wawancara singkat.

Pertama masuk Nokia Networks, aku ditempatkan oleh agency di bagian Wireless Engineer. Orang familiar dengan sebutan BTS Engineer atau RAN Engineer. Dengan latar belakangku sebagai mahasiswa fakultas informatika, maka teritori radio sangatlah asing bagi ku. Selama satu bulan aku belajar mengenai perangkat radio. Dan beruntungnya, aku ditempatkan pada proyek 4G, teknologi terbaru yang baru diterapkan di Indonesia. Sehingga engineer yang jadi partner ku pun sambil belajar mengenai perangkat baru. Sungguh pengalaman yang berharga selama satu bulan. Jalan ke site-site keliling Jakarta Pusat untuk dismantle eNodeB ataupun instalasi & commissioning eNodeB baru. Namun setelah sebulan, aku dipindahtugaskan ke bagian Core Network.

Biasanya pemindahan tugas ini akan mengulang proses dari awal lagi, yaitu Review CV > Wawancara > Negosiasi > Tanda tangan kontrak. Tapi karena sudah kenal dengan Project Manager di agency tersebut, maka aku langsung diserahkan ke user (manager di Nokia Networks). Aku langsung ke tahap negosiasi dan tanda tangan kontrak.

Lingkungan Kerja

Masuk jam 9 Pagi dan pulang jam 5 sore. Kerja kesehariannya juga cukup santai asalkan tugas selesai. Seragam tidak diwajibkan. Bebas mengenakan apapun yang disukai. Biasanya style casual dengan jeans dan kaos polo.

Orang yang bekerja di Nokia Networks pun ada yang dari luar negeri seperti India, China, dan orang-orang eropa. Maklum karena Nokia Networks adalah perusahaan multi-nasional yang kantor pusatnya ada di Finlandia. Namun sepenglihatan ku, banyak juga orang Indonesianya. Bahasa inggris lebih dominan di percakapan-percakapan teknis kerjaan. Karena setiap berkirim email atau kordinasi, pasti terselip expatriat-expatriat yang bekerja juga di Nokia Networks.

Gaji Karyawan

Perusahaan telekomunikasi pun gak kalah dengan perusahaan Oil & Gas. Tapi nampaknya sekarang tren sudah agak menurun. Pertama karena teknologi seluler semakin menyedikitkan jumlah perangkat agar proses pertukaran data berlangsung semakin cepat. Otomatis engineer pun berkurang. Kedua karena pekerja China datang ke Indonesia dan mau menerima banting harga gaji engineer. Imbasnya gaji engineer telekomunikasi juga terbanting rata di seluruh vendor.

Sekedar nambah info kalau boleh share, dari segi urutan besaran gaji, aku bisa menyimpulkan yang terbesar adalah Ericsson, kemudian Nokia, dilanjut ZTE, dan kemudian Huawei. Urutan ini sih hasil aku cari informasi dan obrolan dengan karyawan-karyawan yang lebih senior. Kalau di agency, itu mah gimana kita pintar nego nya saja.

Kontrak Kerja

Di agency, biasanya kontrak kerja awal hanya 3 bulan saja. Jika user  melihat performa yang baik dari karyawan, kontrak bisa diperpanjang melalui agency tersebut dari 6 bulan sampai 1 tahun. Biasanya per 1 tahun kontrak akan diperpanjang terus selama user  menyetujui.

Mungkin itu dulu yang bisa aku share. Tulisan ini ku buat H-1 resign-nya diriku dari Nokia Networks untuk menuju perusahaan lain. Penilaianku, aku cukup puas bekerja di Nokia Networks. Senior engineernya cukup baik untuk mengajarkan sesuatu yang belum dikuasai oleh fresh grade. Secara skill pun aku mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bermetamorfosa dari seorang sarjana komputer menjadi seorang sarjana telekomunikasi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top