Periksa Kehamilan : Trimester 1 (BPJS & RS Buah Hati Pamulang)

Karena kita anaknya suka bertualang, jadilah coba lagi periksa di tempat lain.

Di usia kandungan sekitar 13 minggu kalau ngga salah. Sebagai pegawai negeri sipil, penasaran nih pengen nyobain pelayanan periksa kandungan pake BPJS. Nyobain lah periksa di Faskes 1, yang deket banget sama kontrakan, yaitu Klinik Medika Rahma yang di komplek Batan Indah. Di klinik ini ada layanan periksa kehamilan dengan bidan setiap selasa, kamis, dan sabtu sore jam 4 – 8. Ada usgnya pula. meskipun cuma klinik, lumayan nih klinik Rahma Medika ini ada pelayanan lab, pemeriksaan darah dan urin, dokter gigi, dan dokter umum. Tempatnya nyaman kaya rumah, banyak komik dan novel yang bisa dibaca di ruang tunggu *lah jadi promosi*.

Pemeriksaan dilakukan dengan bidan Desi *kalau ga salah, agak lupa nih namanya*. Mbak bidannya masih muda banget dan cantik. Waktu konsultasi juga sabar banget menjawab semua pertanyaan yang aku ajuin. Kemudian perutnya di usg dan dengerin detak jantung bayi. Dedenya udah makin gede, udah kebentuk kepala, tangan, dan kaki. Detak jantungnya juga kuat dan keras. Kadang kalau ngeraba perut pun suka kerasa :”) *sayang periksanya sendiri, ga ditemenin*

4bac468d-17ed-4919-83cc-5f820ab652a7
Assalamualaikum!

Dari periksa di bidan ini jadi tau bedanya periksa di dokter dan di bidan. Meskipun sama – sama di usg, tapi kewenangan bidan lebih sedikit dari dokter. Bidan bisa nunjukin dede bayinya di usg, tapi ga bisa ngasih tau ukuran dede bayi. Kalau di dokter biasanya dikasih tau panjang dan berat dede bayinya segimana, sesuai ngga dengan usianya berdasarkan kurva pertumbuhan janin.

Dari konsultasi ini juga dikasih semacam buku panduan & buku periksa kehamilan. Isinya lengkap banget tentang tumbuh kembang anak sampai imunisasi, mpasi, dan pertolongan kalau sakit. Dijelasin dengan gambar yang mudah dimengerti. Kayanya ini bagian dari program pemerintah buat ibu hamil. Dari bu bidan dikasih suplemen caviplex, dan karena pake bpjs, suplemennya cuma dikasih 10 butir. Padahal butuhnya kan buat sampai konsultasi bulan berikutnya. Tapi karena BPJS, ya dijatah.

Yang paling yoi dari pemeriksaan ini adalah : gratis-tis tiss. Sampe ke suplemennya juga gratis. Kalau sebelum – sebelumnya periksa di dokter biayanya selalu menginjak 500 ribuan, ini mah gratis lah. Yoi banget kan.

Oiya, waktu dulu periksa kedua sama Dokter Nina, suami minta tes tokso. Sekali suntik 600ribuan lumayan tuh. Tapi katanya emang penting buat ngeliat apakah si Ibu pernah/sedang terjangkit tokso. Kalau ternyata sedang terjangkit, ,cukup berbahaya buat bayi. Hasilnya? Alhamdulillah aman. Dari hasil lab, katanya pernah positif, tapi udah lebih dari 3 bulan yang lalu. Jadinya sekarang mah Insya Allah aman.

Pengalaman periksa terakhir, minggu lalu. Usia kandungan sekitar 16 minggu. Kita coba periksa di RS Buah Hati Pamulang yang denger – denger sih harganya lebih bersahabat. Cek jadwal dokter, kita niat mau periksa sama Dokter Rohati SpOG. Sayangnya ga bisa daftar lewat telepon, jadi pas datang daftar, kita dapet urutan ke-16. Tapi nunggunya ternyata ngga lama – lama banget, cuma sekitar 1 jam udah dipanggil. Daan, pantes aja cepet banget, kita diperiksanya juga ngebut banget. Masuk, salaman, ditanya “mau konsul bulanan biasa ya?”. Ditanya dikit, di usg, difoto bayinya, diukur lingkar kepala dan panjangnya, dikasih resep suplemen, udah deh salaman balik. Lah perasaan ngedip aja belom, hahaha. Di pemeriksaan ini, kelamin si dede udah keliatan! sesuai hipotesis ibu hamil jadi males mandi, karena anaknya laki-lakii 😀

Biaya konsul dokternya emang lebih murah, 116ribu kalau ngga salah. Cetak foto usg 100ribuan (lupa), ini mah harusnya ga usah lah besok-besok mah, hihihi. Ditambah suplemen osfit dha sama penambah darah emineton karena tekanan darah aku rendah banget. Jadi total sekitar 456ribu *fyuh*. Meskipun biaya konsul dokternya murah, tapi asa ga worth it banget jadinya karena konsul super ngebut jadi lupa dan ngga sempet nanyain hal – hal yang pengen ditanyain.

Gitu deh cerita periksa hamil trimester 1. Semoga bermanfaat buat yang baca! 🙂

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top