Hal – Hal yang Menyebalkan dari Whatsapp

Dekade kepopuleran smartphone saat ini sedang mencapai jaya – jayanya. Informasi begitu mudah didapat dengan genggaman tangan. Begitupun dengan komunikasi antar manusia. Ada berbagai media untuk ngobrol dimana pun, dengan siapapun, dan kapanpun. Salah satu yang paling favorit di Indonesia adalah whatsapp.

Sayangnya, kesini – kesini, kok rasanya banyak juga hal – hal menyebalkan yang kita dapat dari whatsapp. Terutama sih percakapan di dalam grup. Memang banyak yang bermanfaat dan menghiburnya, tapi ada juga beberapa yang membuat berpikiran “hmmm.. ko ya gitu”. List ini bersifat subjektif yaaa, jadi kalau setuju i feel you, kalau ga setuju, yaudah sih namanya juga subjektif pandangan sendiri, hehehe.

  1. orang lagi nanya… dijawab pakai broadcast dan iklan. periiih hati ini dicuekin. mbok ya jawabin dulu pertanyaanku… walaupun hanya sekedar “maaf ya ku tak tahu”
  2. di grup umum, share broadcast dakwah islami, padahal di dalem grupnya juga ada yang bukan islam. rrrrr. yang parah lagi kalau share berita provokatif, eh taunya hoax.
  3. share gambar – gambar perempuan seksi di grup (biasanya kelakuan bapak – bapak ini). padahal di dalem grup ada ibu – ibu juga. huft. perih mata ini melihat aurat – aurat wanita.
  4. share hal – hal yang… bagus sih. tapi kan barusan dishare di atas? (yang kalau mau perhatian scroll dikit nemu deh itu broadcast an juga udah ada yang ngepost). kamu… terlalu malas baca isi percakapan grup
  5. ngomongin hal yang seharusnya bisa dijapri, di dalam grup. padahal secara statistik ya (statistik pribadi ngitung sendiri, hahaha), ketika kita ada keperluan sesuatu dengan seseorang, akan lebih efektif kalau menyampaikannya secara pribadi daripada di dalam grup. secara banyak orang yang skip skip isi pembicaraan di dalam grup.
  6. share foto dan video tanpa caption. kalau share foto atau video yang menurut kamu  menarik dan bermanfaat, berilah caption yang jelas. niscaya akan akan lebih banyak orang yang menikmatinya. maklum lah banyak juga orang orang yang fakir kuota dan fakir storage hp sehingga malas untuk mendonlod foto dan video yang ngga jelas.
  7. share broadcast ilmiah yang tidak ilmiah. kalau broadcast sesuatu yang ilmiah, coba googling sedikit sumbernya, shahih ga. hal – hal berbau ilmiah, kalau memang benar adanya, biasanya terpublish di jurnal ilmiah terpercaya, dan di tulis oleh orang yang ahli di bidangnya.
  8. share berita provokatif dan hoax. selalu cek dan ricek. apa yang kita sebar itu sangat terkait dengan kredibilitas kita. semoga kita terhindar dari golongan orang – orang yang membawa berita bohong kepada orang lain…

udah segini aja dulu kali ya. saya ngerasa whatsapp itu salah satu aplikasi paling penting di hp. whatsapp juga merupakan aplikasi yang paling banyak memakan memori hp saya yang mau berusia 2 tahun. maklum, mau ngereset dan hapus isi percakapan ko kayanya sayang… banget ya. banyak isi percakapan penting dan juga takut ilang catetan alamat pengiriman kalau mau olshop (ups).

.dqm.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top