#Saturbake! – 2 Tips Menggunakan Oven Listrik

Waktu baru menikah, saya dapet hadiah oven listrik dari temen – temen kuliah. Seneng banget! Emang request sih. Dari geng temen kuliah ada kebiasaan ngasih kado nikah barang elektronik, pas giliran mau nikah ditanya “mau hadiah apa?”. Jawab “oven listrik!” dengan tanpa malu – malu lagi. ;P

Hampir dua tahun berjalan, baru mulai ngesohib sama oven ini. Ternyata make oven listrik itu juga ada seninya yah. Ga bisa sembarangan. Berkali – kali percobaan, ya gosong lah, ya ga mateng lah, ya kempes lah, banyak banget pelajaran yang udah diambil, dan banyak juga kue gagal yang tetep harus masuk ke perut. Ini ada beberapa tips yang bisa dipakai, hasil penelitian saya selama 1.5 tahun ke belakang (ya bisa ga yah ditulis jadi jurnal, pemikiran ala-ala peneliti wkwkw). Semoga bermanfaat!

Tips 1 : Beware, oven listrik is nyetruuummm!!

Abis manggang, ga sabar pengen liat hasil panggangan karena harumnya udah mewangi kemana – mana sampai tetangga. Pas mau buka pintu oven, kaget maaak, nyetrum! Dan jangan lupa, setelah manggang, kondisi dalem oven semuanya ya panaaas. Sedep kan tuh, udah mah panas, nyetrum juga. Jadi pastikan pake sendal karet kalau membuka pintu oven, dan pake sarung tangan anti panas yang suka dipake ibu – ibu itu loh. Kalo bahasa Inggris namanya oven mitts. Ini gambarnya :

Cute banget yaaa. Gambar nyomot dari id.aliexpress.com

Tips 2 : Panasnya berapa sih?

Kalau berdasarkan knop di oven katanya sih ya, suhunya dari 0 sampai 230 derajat celcius. Tapi gatau yaa, da ga pernah dikalibrasi. Hasil pengalaman saya sih, hasil panggangan dengan oven listrik selalu mengecewakan kalau diset sesuai resep. Misal resep berkata : panggang di suhu oven 180 derajat selama 30 menit. Hasilnya di oven listrik? kurang mateng. HIKS. Jadi kalaupun di resep katanya suhu 180 derajat, saya set di 200 derajat, bahkan kadang di pool in sampe 230 derajat. Diliat aja secara berkala buat mastiin hasilnya ga gosong.

Tips 3 : Api atas apa api bawah?

Dari hasil pengamatan saya, api atas itu cenderung lebih cepat panas daripada api bawah. Kenapa? Mungkin sebenarnya sama, tapi api atas langsung bertemu dengan adonan kue, sedangkan api bawah pastinya bertemu dengan alas/cetakan dulu ya dong. Makanya kalau langsung diberi api atas bawah, kue sudah gosong bagian atasnya, tapi bagian bawahnya masih belum mateng! Saya biasanya di awal ngeset api bawah dulu, setelah 20 menitan, baru diset api atas bawah.

Di awal manggang saya suka bingung, suhu udah diset maksimal, tapi bagian bawah kue ngga pernah bisa mateng. Ternyata, gara – gara ada ada papan yang kaya bagian bawah jaring – jaring ini (lihat gambar) :

Gambar nyomot dari hargaterbaruu-2015.blogspot.co.id

Misal lagi manggang kue pie, saya taro di atas jaring-jaring itu, sampai sejam dipanggang dengan suhu maksimal (230 derajat versi oven listrik), tetep aja ga mateng. Saya coba lepasin lapisan papan yang bawahnya itu, bisa mateng! Saya pikir, mungkin maksudnya si papan bawah itu untuk bikin panasnya merata, tapi malah jadi ngehalangin dan ngurangin kemampuan panasnya. Jadi mending dilepas aja.

Tips 4 : How to panasin sebelum manggang

Di beberapa resep, ada yg mengharuskan oven udah panas saat masakan dimasukan ke oven. Padahal kan ya, oven juga butuh waktu untuk bisa panas, ga sekali dinyalain langsung panas gitu. Kalau butuh cepet, set aja oven di suhu maksimal, kalau udah dirasa cukup panas, turunin ke suhu yg diinginkan. Easy.

Tips 5 : Panasnya ngga merata!

Sumber panas oven listrik berasal dari dua batangan yang ada di bagian atas dan bawah. Ya namanya juga sumbernya berupa batangan ya, jadi wajar aja panasnya ngga rata. bagian yang deket dengan posisi si batangan itu cenderung lebih cepat gosong. Tips dari saya? belum ada. huhuhu. Ya diset aja jangan sampai kuenya gosong, asal matang semua aja. Kalau mau rajin ya diputer – puter loyangnya untuk meratakan suhu.

Tips 6 : Cara bersihin oven

Kataya sih ya, cara paling ampuh pake baking soda. Baking soda dicampur air, semprot – semprot ke bagian dalam oven. Didiemin semaleman, trus dielap. Saya sih belum pernah coba. Nanti kapan – kapan ya dicobain. Soalnya emang oven rentan kotor dengan kotoran yang susah banget dibersihin. Kebayang kan tuh bekas – bekas gosong yang mengerak. Kadang juga ada karat, mengganggu keindahan banget.

Segitu dulu tips dari saya. Terima kasih sudah membaca!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top